SISTEM KERJA HOT WATER BOILER

SISTEM KERJA HOT WATER BOILER

Sistem kerja Hot Water Boiler ialah terdiri dari ketel untuk memanaskan (tetapi tidak mendidihkan/ menjadikan steam Uap) air, hasil pembakaran di ruang bakar untuk memanaskan air di dalam drum ketel untuk di Sirkulasi pada jaringan pipa untuk mendistribusikan air ke line produksi pada pabrik atau mendistribusikan pada kebutuhan Hotel dan Rumah sakit. Sistem pemanas air panas menggunakan jenis ketel yang sama dengan sistem pemanas uap menggunakan Kontrol termasuk pengukur kombinasi (atau pengukur ketinggian) yang memungkinkan Anda memeriksa suhu dan tekanan air dan memberi tahu Anda kapan boiler membutuhkan air atau tidak berfungsi. Dalam beberapa sistem, katup pengurang tekanan menangani air secara otomatis.

Sistem tipikal juga memiliki tangki ekspansi (Expantion Tank) yang harus diisi dengan udara dengan benar untuk mencegah air mendidih. Sistem yang lebih baru biasanya menempatkan tangki ekspansi di langit-langit ruang bawah tanah dekat boiler; mereka juga termasuk katup pembersih untuk melepaskan air dan membiarkan udara masuk sesuai kebutuhan. Sistem yang lebih tua terkadang memiliki tangki ekspansi di loteng dan menyertakan kaca pengukur yang serupa dengan yang ada pada ketel uap.

 

PENGERTIAN HOT WATER BOILER

Hot water Heater adalah pemanas dengan mempergunakan Thermal water Fluid sebagai media penghantar panas dan dapat bekerja sampai temperatur 50 s/d 95 derajat Celcius. Hot water boiler bekerja hanya pada tekanan pompa sirkulasinya saja ,sehingga sangat aman dan alat-alat yang membutuhkan pemanasan tidak perlu dirancang dengan konstruksi yang khusus. Umur kerja dari Thermal hot water boiler yang dipergunakan umumnya lebih dari 10 s/d 15 tahun dan tidak diperlukan penambahan apapun selama tidak ada kebocoran pada pipa-pipa atau peralatan pemanas, dan selama itu tidak diperlukan pembersihan karena bagian dalam coil tersirkulasi oleh air panas.

 

Apakah keunggulan hot water boiler

Temperatur control yang presisi Tidak diperlukan water treatment dll bahan kimia yang memerlukan biaya tinggi Tidak ada heat losses dari condensate dan blow down seperti pada steam boiler Tingkat korosi rendah karena ada sirkulasi pada bagian dalam Boiler

Bagaimana Saya Dapat Mengidentifikasi Masalah Ketel Air Panas?

  • Jika unit tidak menghasilkan panas, naikkan termostat, periksa sakelar , sekering , pemutus sirkuit , dan ketinggian air. Periksa juga kontrol keamanan burner (lihat di bawah).
  • Jika unit tidak menghasilkan panas yang cukup, periksa pengukur kombinasi, lalu tangki ekspansi (lihat di bawah). Selanjutnya, siram boiler (lihat di bawah). Jika air bocor dari pipa sistem pemanas, coba perbaiki sendiri.
  • Jika hanya beberapa radiator dalam sistem yang memanas, keluarkan udara dari unit pendingin (lihat di bawah). Jika Anda menduga bahwa sirkulator perlu diperbaiki, hubungi petugas servis yang berpengalaman.
  • Jika pipa tiba-tiba mulai berdentang, sirkulator mungkin memerlukan servis atau penggantian profesional.
  • Jika ada suara benturan kronis, periksa kemiringan semua jalur balik; mereka harus miring ke arah boiler untuk bekerja dengan benar.
  • Jika radiator tunggal menghangat hanya sedikit, tetapi merata, air mungkin terperangkap di  dalamnya.  Pastikan radiator miring ke arah pengembalian; jika tidak, masukkan shim kayu di bawah ujung yang  berlawanan dengan pengembalian.

Tip Perbaiki

Tekanan air dalam boiler air panas secara otomatis dipertahankan oleh katup pengurang tekanan. Periksa pengukur kombinasi secara berkala dan hubungi petugas servis yang berpengalaman jika katup perlu diperbaiki atau diganti. Jika sistem Anda tidak memiliki katup pengurang tekanan, Anda dapat memberi makan boiler secara manual dengan membuka katup air umpan dan menutupnya kembali saat tekanan mencapai 12 pon per inci persegi. Konsumsi air yang tinggi disebabkan oleh kebocoran pada pipa suplai atau pipa balik atau pada boiler itu sendiri.

 

Hubungi Kami

PT. INDIRA DWI MITRA

Kawasan Pergudangan LAKSANA BUSINESS PARK
Blok No. F-009
Jl. Raya Kali Baru, Laksana, Kec. Pakuhaji
Tangerang – Banten 15570
 
Phone  : 021-222 59 400
Phone  : 021-593 71 687
Mobile : 0895 3287 02165/ 0821 1185 1623

 

 

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Assalamualaikum Wr. Wb. Ada yang bisa Kami bantu..?