JASA PENGGANTIAN BURNER BAHAN BAKAR SOLAR KE GAS

  • Next Post
  • Previous Post

JASA PENGGANTIAN BURNER BAHAN BAKAR SOLAR KE GAS

Burner Bahan Bakar LPG dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif pada proses pembakaran untuk Boiler/Oven dan mesin Pemanas lainnya. Sistem instalasi burner berbahan bakar gas perlu dibuat untuk suplai LPG dari tangki menuju burner. Cara membuat sistem suplai bahan bakar gas ini yaitu dengan membuat jalur suplai LPG menggunakan selang gas dan pipa galvanis dengan ukuran pipa yang disesuaikan dengan spesifikasi gas burner serta dilengkapi dengan pressure gauge, valve, dan filter. Valve dan filter yang digunakan yaitu gas multibloc. Pengujian sistem instalasi gas burner dilakukan untuk proses pembakaran Burner pada sistem pembakar Boiler. Bahan bakar gas (BBG) dapat menjadi bahan bakar alternatif sebagai solusi permasalahan tersebut.

Berdasarkan penelitian konversi bahan bakar solar ke LNG pada Boiler Ebara HKL 1800 KA (Eflita dan Askhabulyamin, 2012), biaya bahan bakar Liquefied Natural Gas (LNG) lebih rendah dibandingkan solar walaupun konsumsi bahan bakar LNG lebih tinggi dibandingkan solar untuk menghasilkan steam output yang sama. Liquefied Petroleum Gas (LPG) merupakan jenis bahan bakar gas selain LNG.

Berdasarkan spesifikasi Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang dikeluarkan Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi No. 26525.K/10/DJM.T/2009, komposisi LPG terdiri dari 97% Propana (C3) dan Butana (C4) serta 2% Pentana dan 1% Hidrokarbon yang lebih berat. LPG memiliki sifat mudah terbakar karena hanya membutuhkan 5% oksigen dalam proses pembakarannya (W.Djoko, 2014). Penggunaan LPG dapat menjadi alternatif untuk membantu mengurangi penggunaan BBM agar ketersediaannya tidak cepat menipis.

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BOILER SOLAR DAN BOILER GAS

  • Boiler berbahan bakar minyak

Boiler berbahan bakar minyak biasanya menjadi alternatif untuk penggunaan di area yang tidak terjangkau gas. Boiler jenis ini biasanya memerlukan biaya yang lebih mahal dan membutuhkan ruang untuk penyimpanan stok minyak. Bahan Bakar solar juga memiliki kalori yang sangat tinggi.

 

  • Boiler LPG

Boiler LPG (Liquefied Petroleum Gas) menggunakan bahan bakar kombinasi dari gas hidrokarbon, seperti propana dan butana. Boiler jenis ini biasanya menghasilkan emisi karbon yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan boiler minyak. Namun, biaya boiler LPG bisa lebih tinggi daripada gas alam ataupun minyak.

 

HAL – HAL YANG HARUS DI PERTIMBANGKAN UNTUK PENGGANTIAN BURNER

  • Kapasitas Kalori Burner Yang sesuai dengan Kebutuhan Burner
  • Menyesuaikan Dimensi Burner dengan Desain Boiler
  • Ketersedian Bahan Bakar Yang Tersedia di Wilayah Terdekat
  • Memperhatikan Jalur Bahan Bakar dengan Lingkungan Pabrik

Jika Anda tertarik dengan salah satu produk dan Jasa kami, atau memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi staf penjualan kami sekarang untuk katalog terperinci kami.

Hubungi Kami

PT. INDIRA MITRA BOILER

Blk. D19 Jl. Utama Raya Perum Permata Sepatan No.21, Pisangan Jaya, Kec. Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten 15520
Whatsapp : 0895 3287 02165
Mobile       : 0821 1185 1623
Tlp             : 021 5937 5021
Email         : wahyuidm86@gmail.com
                      wahyuspi46@gmail.com

 

 

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Next Post
  • Previous Post

You cannot copy content of this page

Open chat
Assalamualaikum Wr. Wb. Ada yang bisa Kami bantu..?