STEAM BOILER INDONESIA – PT. INDIRA DWI MITRA

Steam Boiler PT.Indira Dwi Mitra

Dalam Dunia Industri di Indonesia banyak yang telah menggunakan steam boiler seperti pada industry pemanas, pengering, perebusan dan lain – lain, namun banyak yang belum mengenal tentang steam boiler itu sendiri karena di Indonesia masih banyak yang bergantung dengan menggunakan steam boiler dari luar negeri. sedangkan di Indonesia sudah banyak yang membuat mesin steam Boiler dengan brand lokal yang juga memiliki kwalitas yang baik dengan mengikuti standar ASME Internasional.

Banyak keuntungan jika kita mengenal dan menggunakan steam boiler dengan brand Lokal yang telah memiliki izin Fabrikasi dari Dinas Tenaga Kerja (DISNAKER) yang berlaku di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

  • Memiliki After sales dan Tenaga Ahli yang ada di Indonesia sehingga mempermudah jika sewaktu waktu terjadi troble/masalah pada mesin Steam Boiler. dengan tidak mengganggu waktu yang lama untuk produksi pada pabrik.
  • Akan ada Kunjungan/Tes berkala pada keseluruhan komponen mesin Steam boiler dari DISNAKER setempat, untuk uji gas buang dan ketahanan dari Komponen. serta yang terpenting mengetahui kapan waktunya Boiler untuk di cleaning dan scalling dan semua terangkum pada saat pembuatan Sertifikat Izin Operasi pada mesin Steam Boiler Lokal.

Pengertian Mesin Steam Boiler

Steam Boiler adalah Ketel uap/Bejana tekan berfungsi untuk menghasilkan uap panas, Sebuah ketel uap biasanya merupakan bejana tertutup yang terbuat dari baja. Fungsinya adalah memindahkan panas yang dihasilkan pembakaran bahan bakar ke air yang pada akhirnya akan menghasilkan uap. Steam Boiler terbagi beberapa macam seperti yang sudah banyak kita kenal yaitu Fire Tube Boiler dan Water Tube Boiler dapat di sesuaikan dengan kebutuhan masing masing site Pabrik/Industri.

Ketel Pipa Api (Fire Tube Boiler). Pada ketel ini gas-gas panas mengalir di dalam pipa, sedangkan air yang dipanasi berada di luar pipa. Ketel pipa api biasanya digunakan untuk kapasitas steam sampai 14.000 kg/jam dengan tekanan 18 kg/cm2. Ketel pipa api dapat menggunakan bahan bakar  minyak bakar, gas atau bahan bkar padat dalam operasinya. Untuk alasan ekonomis, sebagian besar ketel pipa api dikontruksi sebagai “paket” boiler (dirakit pabrik ) untuk semua bahan bakar.

Ketel Pipa Air (Water Tube Boiler). Pada ketel ini yang mengalir di dalam pipa adalah air ketel, sedangkan gas-gas pema-nasnya berada di luar pipa. Pada masa kini ketel-ketel pipa air ini lebih pesat perkem­bangannya. Pada ketel pipa air, air diumpankan boiler melalui pipa-pipa masuk kedalam drum. Air yang tersirkulasi dipanaskan oleh gas pembakaran membentuk steam pad daerah uapdalam drum. Ketel ini dipilih jika kebutuhan steam dan tekanan steam sangat tinggi seperti pada kasus ketel untuk pembangkit tenaga. Ketel yang modern dirancang  dengan kapasitas steam antar 4.500 – 12.000 ton/jam, dengan tekanan sangat tingi.

Pembagian Menurut Undang-Undang Uap

Karena tempat penggunaannya berbeda-beda, maka menurut Undang-Undang Uap pasal 9, Ketel Uap dibagi menjadi tiga  yaitu:

  1. Ketel Tetap atau Ketel Darat, yaitu ketel-ketel yang dipakai di darat seperti paberik-paberik, PLTU dan lain-lain yang mempunyai pondasi yang tetap.
  2. Ketel Kapal, yaitu ketel-ketel yang dipakai di kapal. Di sini perlengkapan alat-alat keselamatan ketel biasanya mempunyai konstruksi yang sedikit berbeda dengan ketel-ketel lainnya, mengingat keadaan kapal-kapal yang selalu oleng selama
  3. Ketel-Ketel yang dapat bergerak. yaitu ketel-ketel yang tidak termasuk dalam kedua golongan ketel tersebut di atas, seperti ketel kereta api, ketel tiang pancang dan lain-lain.

Komponen Komponen penting pada Boiler/ketel uap

  • Body Boiler. Dibuat dari pelat baja yang di lengkungkan membentuk silinder dan di keling atau dilas. Kulit ketel harus mempunyai kapasitas yang cukup bagi air dan uap.
  • Ruang bakar/ Tungku. Adalah tempat membakar bahan bakar yang akan digunakan untuk memanaskan air. baik menggunakan bahan bakar kayu, serbuk ataupun menggunakan mesin pembakar ( Burner ) yang menggunakan bahan bakar minyak dan Gas.
  • Permukaan pemanas. Adalah bagian dari permukaan ketel, dimana terkena langsung ke api (atau gas panas dari api).
  • Mounting. Adalah semua fitting yang dipasang pada ketel supaya bisa beroperasi dengan benar. Fitting ini diantaranya adalah : indikator ketinggian, pengukur tekanan, katup pengaman dsb.
  • Asesoris.Adalah piranti – piranti yang merupakan bagian integral dari ketel namun tidak langsung terpasang pada bodi ketel. Yang termasuk asesoris antara lain: superheater (pemanas lanjut), ekonomiser, pompa umpan dsb. Esensi Ketel Uap Yang Baik Berikut ini adalah esensi dari ketel uap yang baik.

Demikian Penjelasan singkan kami mengenai mesin Steam Boiler Lokal yang kami Fabrikasi sendiri di workshop kami dengan standart Internasional. Untuk info lebih lanjut dapat menghunbungi kami kembali PT.INDIRA DWI MITRA

Info Kontak Kami

PT. INDIRA DWI MITRA
Kawasan Pergudangan LAKSANA BUSINESS PARK
Blok No. F-009
Jl. Raya Kali Baru, Laksana, Kec. Pakuhaji
Tangerang – Banten 15570
 
Phone  : 021-222 59 400
Phone  : 021-593 71 687
Mobile : 0895 3287 02165
Email    : wahyuidm86@gmail.com

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Assalamualaikum Wr. Wb. Ada yang bisa Kami bantu..?